Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kota Singkawang

 

SubDomain

Statistik Situs
Kami punya 56 tamu online
Visits [+/-]
Today:
Yesterday:
Day before yesterday:



+0
This week:
Last week:
Week before last week:



+0
This month:
Last month:
Month before last month:



+0
This year:
Last year:

+0

Avarage per day
This week:
Last week:
Week before last week:
0
0
0
+0
+0
This month:
Last month:
Month before last month:
0
0
0
+0
+0
This year:
Last year:
0
0
+0

All visits
Since module start 290 163
Since .... 290 163
Since ......   290 163 

TP.PKK Singkawang Wujudkan Kemandirian Pangan Melalui Desa Model

Singkawang, 30/7/2013 (Media Center) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Agustina Abdul Muthalib, di Ruang Kerjanya, Selasa (30/7) mengatakan dalam menghadapi ancaman krisis dalam kemandirian pangan, diperlukan langkah antisipasi yang komprehensif.

Agustina menjelaskan Langkah-langkah komprehensif tersebut antara lain dengan pengembangan komoditas strategis yang terpadu, konsisten dan berkelanjutan, dengan lebih memperhatikan peningkatan produktivitas.

Seiring dengan program kerjanya di Kelompok Kerja (POKJA) III Tim Penggerak PKK Kota Singkawang bekerjasama dengan SKPD terkait akan mengembangkan pembinaan Desa Model. Dengan menjalin koordinasi dan kerjasama dia berharap bisa dicapai peningkatan adopsi teknologi unggul oleh petani, peningkatan kualitas penyuluhan dan penguatan kelembagaan petani, perluasan areal tanam dengan pencetakan lahan baru dan pemanfatan lahan kering dan peningkatan intensitas pertanaman, aspek distribusi pangan dan perdagangan, serta aspek tata niaga dan harga pangan.

'' Sebagai masyarakat Kota Singkawang, seharusnya kita bersukur dilimpahkan rahmad berupa lahan yang luas. Namun sayangnya potensi dan anugerah tersebut, belum maksimal dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Melalui program Desa Model tersebut, diharapkan bisa menjadi pilot project atau contoh bagi kelurahan yang lain.'' Kata Agustina.

Tim Penggerak PKK Kota Singkawang telah mengusulkan dan merekomendasikan tiga lokasi di tiga Kecamatan ke Tim Pengerak PKK Provinsi.

'' Beberapa waktu yang lalu Tim dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dan SKPD terkait telah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi tersebut, berdasarkan hasil peninjauan dan dikaji dari berbagai aspek, tim akan menentukan lokasi mana yang ditetapkan sebagai Desa Model. Diharapkan dengan ditetapkannya salah satu lokasi sebagai Desa Model, kami berharap semua SKPD bisa bersama-sama focus dan terintegrasi dalam melakukan pembinaan dan pada akhirnya Desa Model yang baru pertama kali ditetapkan di Singkawang ini bisa dijadikan salah satu contoh untuk kelurahan lainnya '' kata Agustina

Lebih lanjut Agustina mengungkapkan bahwa percepatan diversifikasi konsumsi pangan melalui pengembangan pangan lokal spesifik wilayah dan pengembangan bisnis pangan berbasis teknologi pangan local merupakan salah satu strategi dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan. Keberadaannya justru bisa meningkatkan derajat kesehatan dan kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat, kata Agustina.

 
Friday, 24 March 2017